Wakil Presiden Direncanakan Buka Pergamanas Secara Resmi

Jakarta, PergamaNews

Sehubungan dengan akan dilaksanakannya Perkemahan Regu Penggalang Ma’arif NU Nasional (Pergamanas) di Pondok Pesantren KHAS, Kempek, Cirebon, Jawa Barat, pada tanggal 7-12 Januari 2014 mendatang, Pengurus Pusat LP Ma’arif NU beserta segenap Panitia Pergamanas mengadakan audiensi dengan Wakil Presiden RI, HM. Jusuf Kalla di Kantornya Jl. Merdeka Utara, Selasa sore, 9 Desember 2014.

Pertemuan dengan Wapres itu juga dihadiri Ketua Umum PBNU, Prof.DR.KH.Said Aqil Siraj, Ketua Pengurus Pusat LP Ma’arif NU, KH.Z.Arifin Junaidi beserta Wakil Sekretaris PP LP Ma’arif NU, H. Wahyudin Ghozali, Ketua dan Sekretaris Panitia Pergamanas, Soleh Abwa dan Yanto Basri serta panitia lainnya Fathu Yasik.

Mengawali pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla tersebut, Ketua Umum PBNU, Prof.DR.KH.Said Aqil Siraj, menyampaikan maksud kehadirannya, yakni mengantarkan Pengurus Pusat LP Ma’arif NU yang akan mengadakan Pergamanas di Pesantren Kempek, Cirebon, awal Januari nanti. Kegiatan ini akan akan diikuti 4000 peserta dari seluruh Indonesia berlangsung selama enam hari.

“Kebetulan acara kemah Ma’arif ini ditempatkan di pesantren kami, Kempek, Cirebon. Jadi kami sangat berharap kehadiran Wapres disana nanti,” ujar Kyai Said yang belum lama ini dikukuhkan menjadi Guru Besar Tasawuf di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Wakil Presidern RI, HM. Jusuf Kalla, menyambut baik dilaksanakanya Pergamanas dan dirinya bersedia hadir membuka acara pada tanggal 8 Januari 2014 itu. “Selaku Wakil Presiden tentu saya menyambut baik kegiatan kepramukaan itu dan saya sering mengikuti kegiatan seperti ini. Insya’allah saya akan hadir pada pembukaan acara nanti,” katanya.

Dalam kesempatan itu, JK menaruh harapannya agar Pramuka meningkatkan kwalitasnya bukan hanya kwantitasnya saja. Artinya Pramuka dituntut bergerak lebih giat lagi dalam aktivitasnya. “Dulu seingat saya sewaktu masih kepanduan itu tampak gagah dan berwibawa, ya mungkin dulu masih terbatas pilihannya,” tambahnya sambil menceritakan pada masa lalunya yang pernah ikut dalam kepanduan yakni Pandu Ansor. JK juga mengaku bahwa dirinya pertama kali aktif menjadi pengurus NU sebagai Sekretaris Ma’arif Wilayah Sulawesi pada waktu itu.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat LP Ma’arif NU, KH.Z.Arifin Junaidi mengungkapkan tujuan dilaksankannya Pergamanas ini, selain membentuk karakter yang mandiri, berakhlakul karimah dan meningkatkan revolusi mental. Kegiatan ini untuk lebih meningkatkan tali silaturrahmi diantara siswa Ma’arif dari berbagai daerah.

“Pertemuan semacam ini kan jarang terjadi, maka Ma’arif selain mengadakan forum Kepramukaan ini juga mengupayakan kegiatan ke-NU-an serta pengetahuan Ahlussunnah Waljamaah,” tandas Arjuna panggilan akrab Arifin Junaidi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *